Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Norasya Verdiana Dirikan Sekolah Catur

Posted by pecaturjogja pada Maret 25, 2009

norasya

Norasya Verdiana, pecatur putri Indonesia asal Kalimantan Selatan pernah melakukan uji tanding melawan master jogja tahun 2004 sebagai persiapan SEA GAMES 2005 mendirikan sekolah catur “Norasya Verdiana” di Hotel Tambangan,Kalsel. HEBATNYA sekolah catur Norasya Verdiana DIAKUI SECARA INTERNASIONAL SELAIN SCUA PUNYA GM UTUT ADIANTO.

Cetak Pecatur Bertaraf Internasional Tanpa Dipungut Bayaran

Norasya Verdiana sangat terkenal kiprahnya di percaturan Kalsel. Pecatur cewek yang satu ini pernah berlaga dalam even nasional maupun internasional. Kesuksesan itu ingin ditularkan kepada pecatur muda Kalsel lewat pendirian sebuah sekolah catur di Hotel Tambangan Banjarmasin.Fauzan Ridhani, Banjarmasin

Istimewanya pecatur yang sekolah di sini tidak pernah dipungut bayaran sepeserpun alias gratis. “Kami prihatin akan nasib pecatur Kalsel sekarang. Mereka minim perhatian,” ucap Said Kamaruzzaman ketika ditemui kemarin (11/2).

Said sangat menyayangkan potensi para pecatur Kalsel yang belum memiliki wadah untuk melatih kemampuan. “Kalau mereka tidak dilatih mulai sekarang, prestasinya tidak akan maksimal,” jelas adik kandung Norasya Verdiana ini.

Bukan rahasia lagi kalau nasib para pecatur Kalsel masih kalah kelas dengan pecatur pulau Jawa. Walaupun ada beberapa perkumpulan catur di Banjarmasin, Said menilai untuk menjadi pecatur yang berprestasi harus diajarkan teori dan prakteknya. “Terutama pecatur junior yang masih anak-anak. Mereka perlu diberikan pemahaman dalam bermain catur,” ungkap penyandang gelar MN (Master Nasional) ini. “60 persen praktek, sisanya teori,” sambung Amrullah, salah satu pelatih di sana.

Kemampuan anak-anak memainkan olahraga adu otak ini masih belum terarah walaupun bakatnya kelihatan. Sehingga untuk menjadi pecatur andal tidak cukup hanya dengan latihan secara praktek saja. Sekolah catur yang didirikan pada bulan Juli 2007 silam ini menampung setidaknya 30 orang pecatur. Yang melatih secara rutin ada lima orang termasuk Norasya dan Said sendiri. “Salah satu yang pernah ikut kejuaraan internasional adalah Muhammad Yazid,” ungkap Said. Pecatur yang pernah berlaga di tingkat ASEAN ini merupakan salah satu jebolan dari sekolah catur Norasya. Tidak hanya sukses mencetak atlet catur bertaraf nasional dan internasional, ternyata sekolah catur ini juga punya reputasi dan pengakuan tingkat dunia. “Hanya ada 2 sekolah catur yang diakui secara internasional di Indonesia. Sekolah catur Utut Adianto dan sekolah catur Norasya ini sendiri,” bebernya.

Said menuturkan di tahun 2007 sekolah catur Norasya mendapatkan bantuan 50 petak catur dari kerajaan Belanda. Hal ini sebagai salah satu simbol bahwa sekolah catur ini telah mendapat pengakuan di tingkat internasional. “Waktu itu bantuan diserahkan langsung oleh Dubes Kerajaan Belanda,” kenang Said.

Sekarang total semua petak catur yang ada di sekolah catur ini ada 400 buah. “Belum termasuk petak catur lain yang kami beli di mancanegara,” tambah pria murah senyum ini.

“Harapan kami kedepan adalah berusaha mencetak bibit-bibit pecatur Kalsel lain yang mampu berprestasi seperti Norasya. Sehingga akan diakui di tingkat nasional dan internasional,” pungkasnya.(*)

sumber : http://www.radarbanjarmasin.com

http://konikaltim.wordpress.com

6 Tanggapan to “Norasya Verdiana Dirikan Sekolah Catur”

  1. apa bisa sekolah catur Norasya Verdiana didirikan didaerah saya

  2. Muamar humaidi said

    Masih ad kah pelombaan catur d’banjarmasin

  3. selain norasya bisakah bang admin kasih tau saya dimana sekolah catur di daerah jawa tengah?

  4. roediy said

    apakah sekolah catur norasya masih katif sampai sekarang dan dmana alamatx…

  5. scuapalem said

    Good work…. jempol…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: