Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Bermain Dengan Rencana

Posted by pecaturjogja pada April 5, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian tiga

Kiat permainan catur: membuat rencana itu bijak, dan rencana yang terbaik dapat diatur dan luwes.

capablanca17-olga-ew Seberapa jauh seorang master dapat melihat langkah kedepan              sebelum menggerakkan suatu langkah? Pada saat turnamen besar di New    York 1924, juara dunia, Jose Raul Capablanca (1888-1942), dengan sangat        nakal memberitahukan kepada seorang wartawan bahwa dia sering  menganalisis limapuluh langkah ke depan. Di sisi lain, Grandmaster Reuben  Fine, berkomentar bahwa ia jarang melihat lebih dari satu langkah ke depan,    tetapi itu biasanya langkah yang terbaik.

Jose Raul Capablanca

Selain ilmu berhitung, setiap pecatur belajar merencanakan ke depan. Setiap pecatur harus melakukannya. Pertimbangkanlah, Frank Marshall (1877-1944), juara bertahun-tahun dari Amerika Serikat, pendiri Klub Catur Marshall di Greenwich Village, kota New York. Marshall kadang-kadang dapat berspekulasi. Tetapi, ia juga bersiap-siap untuk mempelajari langkah-langkah yang mungkin dan variasinya selama berjam-jam pada suatu waktu.

frankjamesmarshallAtau selama bertahun-tahun, pada tahun 1909, pada usia tiga puluh dua tahun, Marshall bertanding melawan Capablanca, yang pada waktu itu merupakan pecatur yang baru naik daun dan lebih muda sebelas tahun. Selama satu periode dalam beberapa minggu, Capablanca mengalahkan Marshall dengan skor 8-1. Merasa terhina dengan kekalahan ini, Marshall berlatih dengan rajin untuk pertandingan berikutnya dengan si Kuba itu. Ia mengembangkan suatu teknik pembukaan (gambit) yang aneh, yang tampaknya memberikan kesempatan-kesempatan yang sangat bagus baginya tak peduli bagaimana Capablanca menanggapinya, dan dia mempraktekkannya sendiri untuk menjaga kerahasiaan rencananya.

Frank James Marshall

Tujuh tahun telah berlalu sebelum kesempatan Marshall tiba. Dia menyingkapkan strategi barunya pada saat “Turnamen Para Master Klub Catur Manhattan” di New York, dan hal itu membuat setiap orang terheran-heran. Tetapi bukan Capablanca, yang membuktikan kesalahan teknik pembukaan Marshall di atas papan catur dan menang dengan mudah serta dengan jawabannya yang penuh maksud. Walaupun Capablanca tidak mengenal variasi itu, itu bukan masalah.

Mengapa? Karena Master orang Kuba itu kembali kepada prinsip-prinsip yang tidak bisa dielakkan membawa ke permainan catur yang logis. dengan langkah kelima belas, Capablanca telah menemukan rencana-permainannya sendiri. “Penjerat-terjerat,” dia tulis dalam otobiografinya, My Chess Career. Sekali bertekad, Marshall tidak mempunyai pilihan, selain melanjutkan rencana penyerangannya,”lakukan atau mati“. Marshall melakukan keduanya.

Rencana apa pun nyaris lebih baik dari pada tidak ada rencana. Rencana yang belum berhasil dengan baik di dalam satu konteks, mungkin berhasil dengan baik di dalam konteks lain. Ide-ide Marshall tidak membuatnya menang saat dicoba pertama kali di arena turnamen. Tetapi hal itu tidak membuatnya menjadi ide yang buruk. Selama lebih dari delapan dasawarsa, para pecatur telah mempelajari dan memperbaiki secara mati-matian “Teknik Pembukaan Marshall“. Beberapa pecatur terbaik, termasuk diantaranya mantan Juara Dunia, Boris Spassky, telah menggunakan strategi pembukaan itu dan mengembangkan variasinya. Bahkan saya sendiri pernah menang dengan cara itu-tetapi kita tidak usah membicarakannya.

Kebenarannya adalah rencana asli Marshall tidak menakutkan. Ia hanya melekat terlalu kuat kepada rencana itu. Permainan catur berubah-ubah. Aksi dan reaksi. Setiap pertempuran menawarkan banyak hubungan yang ruwet dan berlapis-lapis untuk diurai. Suatu rencana yang dapat diandalkan harus bersifat diagonal: mudah diingat karena kesederhanaannya, meyakinkan dalam logikanya, dan luwes dalam penerapannya. Seandainya Marshall dapat memainkan rancangan-rancangannya dengan liat, ia mungkin telah menghasilkan suatu rencana bagus yang hebat.

Keluwesan diperhitungkan. Begitu ukuran. Kedua pekerjaan itu paling baik dilakukan jika keduanya dipadukan. Rencana kecil dan langsung menjamin kemampuannya untuk diselesaikan dengan cepat, tanpa kehilangan pandangan pada gambaran yang besar. Mencoba melakukan sedikit hal atas rentang yang tidak lebih dari beberapa langkah, mereka berharap menghubungkan rintangan-rintangan terencana ini menjadi suatu strategi hebat yang menghasilkan skakmat.

Para pemain terus-menerus melakukan peninjauan kembali selama proses permainan dan membuat penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan. Ketika makin dekat kepada target-sasaran-mereka mencari rencana baru atau suatu perluasan dari rencana yang sedang dijalankan untuk membawa mereka menuju pada kemenangan akhir. Seperti yang pernah dikatakan Seneca – orang Roma – jika pelaut tidak mengetahui pelabuhan mana yang sedang ia tuju, hal itu bukan semata arah angin yang benar.

Jelaslah, prasangka-prasangka yang kaku dapat mengunci kita, mencegah kita untuk menemukan rute-rute alternatif. Kompetisi mungkin menuntut perubahan arah pada perhatian langkah. Kita tidak boleh bersikeras dengan suatu rencana, tanpa mempedulikan permainan yang nyata. Kita harus berfikir luwes, karena baik posisi maupun lawan tidak mungkin membatu.

Untungnya, kita mempunyai waktu luang. Kita dapat memilih suatu rencana yang menggunakan gaya intuisi Capablanca. Atau kita dapat berusaha menyamai pendekatan Marshall yang kerja keras. Apa pun metode kita, kita harus selalu menjaga agar pikiran kita tetap sederhana, pasti, dan dapat dikendalikan. Kita harus bertekad membuat rencana-rencana yang lebih singkat, dengan hasil-hasil yang lebih mudah untuk diprediksi dan dikendalikan.

Bermain tanpa rencana, banyak hal bisa terjadi. Kebanyakan yang terjadi itu buruk. Kita tidak bisa sekedar menggerakkan perangkat-perangkat dan mengharapkan yang terbaik, tidak, jika kita ingin menang. Kita tidak bisa hanya membeli, tidak jika waktunya untuk menjual. Catur dan bisnis – keduanya adalah permainan otak, di sini kita harus melihat apa yang mungkin terjadi agar kita dapat membuatnya terjadi dengan cara kita.

Tentu saja Anda harus merencanakan. Gampangnya, buat rencana Anda kecil dan dapat disesuaikan. Maka Anda akan dapat menemukan jalan pulang ke rumah sekalipun angin bertiup.

Anda tidak perlu membuat rencana, jika Anda sudah siap untuk gagal.

Satu Tanggapan to “Bermain Dengan Rencana”

  1. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: