Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Pendekatan Latihan Yang Benar

Posted by pecaturjogja pada April 10, 2009

Dari Laboratorium Mark Dvoretsky :  Mengembangkan Kualitas Praktis

dvoretsky02Catur adalah olahraga informasi. Partai-partai baru sedang dan terus dimainkan orang diseluruh dunia, di mana jalur-jalur pembukaan yang menarik, dicoba, lalu diperbaiki dan diperkenalkan lagi. Riset Pembukaan, artikel, ensiklopedi, dan monograf telah dipublikasikan di berbagai negara. Akibatnya sulit sekali untuk bisa mengikuti seluruh luapan informasi tersebut. Jadi tidak mengherankan jika sejumlah orang tertentu hanya sempat mempelajari beberapa teori pembukaan saja.

Tapi apakah itu kebijaksanaan yang bijaksana? Sangat jelas bahwa hasil suatu pertandingan catur lebih banyak ditentukan di babak tengah dan permainan akhir daripada di pembukaan. “Saya yakin sekali bahwa cara paling menjamin untuk sukses dalam catur terletak pada upaya yang terus menerus untuk menguasai permainan ini secara sempurna, memperbaiki titik-titik lemah yang ada dan mengembangkan titik kuat seseorang. Oleh karena itu, unsur-unsur yang meliputi kerja tersebut, atau singkatnya: pelatihan catur sangat diperlukan dan memang amat penting sekali,” ujar mark Dvoretsky. Dalam setiap cabang olahraga, latihan adalah suatu keharusan untuk seseorang yang ingin mencapai tingkat master yang paling tinggi. Pemain bola basket menghabiskan waktu berjam-jam untuk untuk mengembangkan teknik kontrol bola mereka, reaksi dan kecepatan mereka, kerja sama dengan pemain lain dalam tim mereka. Pemain tenis berlatih berjam-jam untuk memperbaiki servis mereka, cara menerima dan mengembalikan bola. Namun demikian, dalam catur cara “berlatih” semacam itu kedengarannya agak aneh, seperti sudah disinggung di atas, yaitu mengolah data dan mempraktekkannya. “Pendekatan latihan tersebut, menurut pendapat saya adalah keliru sama sekali,” tegas Mark Dvoretsky.

Maksud Mark Dvoretsky, pendekatan latihan dalam catur tiak bisa bersifat “mekanis” dan monoton. Tidak bisa bersifat hafalan. Melainkan harus bersifat mengembangkan kualitas-kualitas praktis si pemain, agar pada gilirannya nanti, sang pemain bahkan mampu mengembangkan potensi dirinya sendiri.

“Hampir seluruh materi latihan yang saya susun ini terdiri dari unsur-unsur latihan tersebut, para murid saya ini dites dan diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berkelanjutan yang berkaitan dengan materi studi yang diberikan. Sekumpulan materi latihan yang diminta untuk dipecahkan itu dirancang atau dipilih untuk tujuan tertentu pula,”jelas pelatih yang oleh pers Barat disebut-sebut sebagai pelatih catur terbaik dunia itu. Sebagai contoh, misalnya mata pelajaran studi yang diberikan adalah teori permainan akhir Gajah belang. Maka sang murid harus menerapkan secara langsung “pengetahuan atau pandangan baru yang diperoleh”, berusaha menemukan langkah terbaik dalam suatu seri posisi yang disajikan kepada mereka di kelas. Setelah itu mereka memperoleh beberapa soal latihan untuk dikerjakan di rumah dengan materi latihan yang serupa.

Latihan Mengirit Energi dan Waktu

Berikut ini, ada satu contoh latihan bagaimana mengirit energi dan waktu pikir dengan tidak perlu mengkalkulasi seluruh percabangan variasi yang mungkin timbul hingga mencapai skakmat. Alasannya sederhana, karena hingga sampai langkah keempat, praktis tidak ada langkah lain yang lebih baik. Jadi buat apa memboroskan energi dan waktu anda?

Perhatikan diagram berikut ini. Untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal sebaiknya anda mempelajari potongan potongan diagram berikut ini lebih dulu, lalu mencoba mencari jalan penyelesaiannya. Setelah itu jawaban yang anda peroleh dicocokkan dengan keterangan atau jawaban yang diberikan.

Perez – Najdorf, Torremolinos, 1961

perez-najdorf1Putih melangkah

Kedua Raja sama berada dalam bahaya, hasil pertarungan tergantung pada apakah Putih bisa menjangkau Raja Hitam lebih dulu.

1.Kc3!! Bxc3

Jika 1…bxc3 maka 2.Mb7+ Re5 3.Me7+ Rd5 4.Bxd6 mat

2.Mg2+ Re5 3.Gd4+

Jelas bahwa setelah 3…Rxd4 Putih mendapat serangan kuat dengan memakai 4.Bxd6+ atau Md2+ (4.Mf2+ juga bijaksana untuk dipertimbangkan). Mudah dilihat bahwa Putih tidak memiliki lanjutan yang lebih baik daripada langkah teks, jadi tidak perlu mengkalkulasi variasi sampai skakmat. Lebih dari itu, ini bisa membawa ke pengertian yang salah–anda memperoleh kebiasaan mengkalkulasi jalur-jalur yang sama sekali tidak diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat; ini membawa pada pemborosan energi dan waktu yang tidak berguna.

Tapi bagaimana meneruskan langkah langkah ke-4?

anda harus memutuskannya hanya bila posisi ini sudah terdapat di atas papan.

Serangan Putih dapat berlanjut seperti berikut ini:

3…Rxd4 4.Md2+ Bd3 5.Mxb4+ Re5 6.Mf4+ Rd5 7.Mxd6+ Re4 8.Mf4+ Rd5 9.Mc4+ Re5 10.Me6+ Rd4 11.Bf4+ Rc3 12.Me1+ Rb2 13.Bf2+ Ra3 14.Me7+

perez-najdorf2

Apakah mungkin untuk membuktikan bahwa satu seri langkah tersebut adalah satu-satunya jalan untuk menang? Posisi ini akan menjadi satu latihan yang bagus untuk diulang. Namun demikian saya kira ada juga cara lain untuk mencapai tujuan yang sama. Pembaca silakan menelitinya. 1-0

Santasiere-Levy, New York, 1942

santasiere-levyHitam giliran melangkah

Perhatikan diagram di atas. Silahkan anda menilai posisi siapa yang lebih unggul dan apa alasan atau pertimbangannya. Kemudian jika Hitam yang giliran melangkah, hitung variasi yang mungkin dengan segala percabangannya. Tulis seluruh perhitungan dan komentar anda. Jawabannya akan dibahas nomor depan. (INTISARI CATUR)

2 Tanggapan to “Pendekatan Latihan Yang Benar”

  1. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

  2. julio said

    Selamat sore,saya mau menawarkan software catur..ada 7 jenis pilihan yang bisa anda beli..

    1.software RYBKA 4 yang terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    2.software DEEP FRITZ 13 terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    3.8 in 1 software catur (Houdini 2,kasparov chessmate,Rybka 3,FRITZ 12 PORTABLE version,dll) seharga 50.000

    4.software CHESSBASE 11 harga 25.000 (database partai berjumlah 2 juta lebih yang telah diklasifikasi)

    5.software CHESSMASTER 10 harga 25.000 (punya metode training dan course paling bagus)

    6.kumpulan ebook catur sebanyak 500 ebook harga 25.000

    7.Kumpulan chess video lesson 25.000

    untuk info lebih lanjut cek website
    http://livebeta.kaskus.us/post/000000000000000676168281#post000000000000000676168281

    Hubungi
    JULIO
    082124284125
    PIN BB : 32821C86

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: