Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Awasi Langkah Lawan Anda

Posted by pecaturjogja pada April 12, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian empat

Kiat prmainan catur : jangan sekali-kali bermain tanpa mempertimbangkan lebih dahulu apa yang telah dilakukan lawan.

Pada zaman gelap Amerika, nyaris pada masa seorang bocah dari Brooklyn yang baru saja mengubah dunia catur, bocah lain dari Brooklyn sedang mencoba mengubah dunianya. Saya betul-betul mengingatnya. Guru saya, Harry, sedang berjuang melawan salah satu dari muridnya, seseorang yang ingin seperti Fischer. Waktu itu saya ada di sana.

Saya tidak pernah melupakan pelajaran itu. Guru dan murid duduk di meja catur, mempelajari posisi catur yang rumit. Akhirnya, Harry menanyakan pada si murid apa yang dia pikirkan. Setelah semenit si murid menjawab, bukan dengan kata-kata, tetapi dengan benar-benar memainkan langkah selanjutnya. Harry bersandar di kursinya dan menatap tajam pada serangan muridnya. “Dengan ide apa?”, ia bertanya. Nyaris, serta merta murid itu mendekati satu perangkat, sedang berfikir untuk mempertahankan diri dengan melangkah lagi.

Sekali lagi dia mendengar pertanyaan, “Dengan ide apa?” Murid yang bingung itu mencari dari papan catur. Harry memiringkan satu alisnya. Dia mengatakan bahwa setiap pemain harus mulai dengan mencoba memahami jalan pikiran lawan. Kemudian, baru dia dapat memikirkan dalam-dalam pikirannya sendiri.

Anda juga harus mampu menjelaskan semua penalaran ini“, Harry menambahkan, “sekalipun hanya kepada diri Anda sendiri“. Jika Anda tidak dapat merinci keputusan Anda selama sesi latihan, yang sama sekali tanpa ketegangan dan tekanan itu, itu berarti Anda kehilangan urutan di dalam permainan yang serius saat begitu banyak hal genting terjadi.

Harry mengambil waktu sebentar untuk membiarkan nasihatnya mengendap. Kemudian ia mendesah berat, mencondongkan badan ke depan, menanyakan kepada muridnya sekali lagi, “Dengan ide apa?” Akhirnya, saya memahaminya. Anda tidak boleh melakukan, sebelum Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Sebelum Anda dapat membenarkan langkah-langkah Anda sendiri, Anda lebih baik menganalisis terlebih dahulu langkah-langkah lawan.

Para pecatur harus mencari tahu alasan di balik langkah lawan sebelumnya dan apakah hal itu membahayakan mereka. Baru mereka dapat memutuskan jika, bagaimana, kapan, dan di mana mereka berhadapan. Tentu saja mereka memikirkan semuanya. Tetapi segera sesudah lawan meninggalkan papan catur, segala pertanyaan menjadi satu : Apakah yang ditimbulkan oleh langkah itu? Atau secara sederhana, apakah itu ancaman?

Jika kita sedang menghadapi bahaya tertentu menetralisirnya dan jika memungkinkan sambil mengeluarkan ancaman kita sendiri. Jika kita tidak terancam, kita dapat menekan dengan program kita sendiri. Namun , dan hal ini penting, kita tidak boleh merumuskan rencana-rencana kita tanpa mengevaluasi apa yang mungkin benar-benar terjadi yang dapat mempengaruhinya.

Dalam peristiwa yang ideal, setidaknya harus selalu melakukan dua langkah secara serempak : menggagalkan tujuan-tujuan lawan serta mengembangkan tujuan-tujuan kita. Kita tidak dapat melakukan salah satunya di antaranya dengan tepat, jika kita hanya melakukan yang satunya, dan keduanya dapat diselesaikan dengan memperkirakan terlebih dahulu apa yang telah dikerjakan oleh pemain lain.

Salah satu kekeliruan yang paling lazim dilakukan para pecatur ialah mencoba suatu ide yang terlepas dari keadaan yang nyata, dari sudut pandang yang sempit. Tentunya menciutkan hati bila kita melihat dari titik pandang yang lain atau yang lebih luas. Ada begitu banyak hubungan yang sedang berubah yang harus dipantau. Tak heran bila para pecatur pemula memusatkan perhatian terutama kepada kekuatan mereka sendiri.

Ilmu membuktikan. Studi-studi baru ini telah mendokumentasikan pengamatan akal sehat yang dapat dilakukan siapa saja dengan mengamati mata seorang pemain. Para pemula umumnya melihat secara sepintas pada papan catur di sisi mereka. Para pemain yang berpengalaman secara khas memeriksa kedua sisi. Mereka tertarik kepada interaksi kompleks antara Putih dan Hitam.

Seperi yang dinyanyikan Frank Sinatra dengan merdu, indahlah melakukan hal-hal dengan cara kita sendiri. Tetapi tidak masuk akallah mempertimbangkan untuk melakukan skakmat, jika kita mengabaikan langkah-langkah lawan  dan justru mendapat skakmat lebih dulu. Permainan catur tidak mengizinkan pukulan-pukulan terakhir, seperti di dalam begitu banyak permainan punchball di lingkungan saya dulu di Brooklyn. Ada berbagai konsekuensi bagi segala sesuatu, khususnya apabila tidak memperhatikan apa yang dimaksud lawan. Jika Anda diskakmat, permainan berakhir, dan itu saja.

Sulit untuk memutuskan apa yang harus diperhatikan. Lebih sulit lagi jika Anda tidak memperhatikan sama sekali. Bagaimana Anda menyembuhkan apa yang belum didiagnosis? Setelah setiap langkah dari lawan Anda, dinamika permainan catur menuntut agar Anda memikirkan dalam-dalam segala hal yang relevan, bila itu mungkin untuk dilakukan.

Kita kembali kepada kiat Harry. Tak seorang pun yang ingin menghasilkan satu penny atau suatu keberuntungan, boleh mengabaikannya. Di dalam bisnis atau catur, tidak cukup hanya mengetahui kapan waktunya melangkah. Anda harus mengetahui alasannya. Karena itu, pertimbangkan langkah lawan Anda. Kemudian, putuskan langkah Anda sendiri. Mainkanlah, tetapi jangan lakukan jika Anda tidak dapat mempertahankan rangkaian tindakan Anda. Tak ada yang harus dilakukan jika Anda tidak dapat melihat alasannya. Tak ada yang dapat dilihat jika Anda belum melihatnya.

Untuk melihat apa yang mereka lihat, duduklah di tempat mereka duduk

Satu Tanggapan to “Awasi Langkah Lawan Anda”

  1. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: