Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Jangan Memboroskan Material

Posted by pecaturjogja pada April 16, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian lima

Kiat Permainan Catur : material harus dihargai menurut nilai yang sudah ada dan potensinya.

smokelaskerSeorang pria yang agak necis sedang berjalan-jalan di sepanjang dek kapal pesiar saat dia melewati seorang pria yang sedang duduk menghadapi papan catur, dengan serius menganalisis posisi Byzantium. Emanuel Lasker (1868-1941), juara kedua catur dunia dan seorang kosmopolitan sejati, mengusulkan melakukan pertandingan tak resmi.
Pecatur itu melihat dari papan catur, jelas ia tidak mau diganggu oleh orang baru yang sekedar untung-untungan. “Seberapa baik Anda bermain?”, ia bertanya. Lasker yang nakal mengakui ia mengetahui sedikit tentang permainan itu. Setelah mendehem, lawannya yang enggan itu mengizinkan Lasker mengambil tempat duduk dengan satu syarat. “Saya akan bermain,” kata pria itu, “tetapi hanya jika saya dibolehkan tanpa menteri saya, supaya permainan ini menarik bagi saya.”
Pemain yang malang itu tidak mengira bahwa pemain terbaik di dunia sedang duduk di seberang papan catur, selain itu ia tidak menyadari kemustahilan bermain tanpa menteri menghadapi seseorang yang dapat mengalahkannya hanya dengan sebuah pemukul lalat catur. Lasker yang suka bercanda menerima syarat itu, meskipun ia diberi menteri, juara dunia secara lihai mengatur untuk kalah dalam beberapa permainan, sehingga dia kelihatannya nyaris tak lain dari: seorang pecatur amatir yang usil.
“Anda tahu,” Lasker berkata dengan bijaksana sewaktu ia menyusun kembali perangkatnya, “saya pikir sangat membantu tanpa menteri”. Andai kata kita bermain lagi. “Bagaimana kalau saya memberi Anda menteri ekstra agar saya mempunyai ruang kosong di samping raja saya?” Lawannya terbahak-bahak. Akhirnya ia meyakinkan pemain yang merasa enggan itu untuk mulai bermain dengan satu menteri ekstra. Bayangkan kebingungan pemain itu saat Lasker memenangkan beberapa permainan secara berturut-turut, dan mengutip tesisnya tentang ruang tambahan yang aneh itu sebagai alasan keberhasilan kedua pemain itu.
lasker02

Fiksi kecil Lasker ini tentunya benar-benar menggelikan. Teori mengingatkan kita untuk menyukai hal yang nyata daripada hal yang tidak nyata. Tiada aspek-aspek yang cenderung menjadi lebih penting daripada materialnya. Ruang, waktu, susunan bidak, keselamatan raja, dan segi-segi lain permainan itu berperan untuk mencapai keuntungan yang menyeluruh. Tetapi tidak ada satu komponen yang lebih penting daripada kekuatan material. Kita dapat melihatnya, menyentuhnya, dan menghitung kekuatannya.
Kita juga dapat menghitungnya, karena pemain dengan persediaan senjata yang lebih kuat biasanya menguasai. Dan menang. Itulah sebabnya para pemain kadang-kadang tampak tak pernah puas. Mereka menginginkan perangkat yang lebih banyak dan yang lebih hebat.
Perangkat dinilai menurut jumlah petak yang dapat mereka serang dan bela secara serentak, cara mereka melangkah dan kemampuannya mengantarkan skakmat. Satu alasan mengapa kuda dan gajah disebut “perangkat minor” adalah karena keduanya tidak dapat membuat skakmat ketika berdekatan dengan rajanya sendiri menghadapi raja lawan yang melawan sendirian. Benteng dan menteri disebut “perangkat mayor” karena keduanya secara pasti dapat membuat skakmat selama rajanya berada disekitarnya untuk membantu mereka.
Sementara nilai-nilai perangkat bersifat kira-kira, mereka dianggap dapat diandalkan. Secara umum, bidak merupakan unit yang paling lemah, digunakan sebagai ukuran semua hal di dalam permainan catur. Kuda dan gajah masing-masing bernilai sekitar tiga bidak. Sebuah benteng bernilai lima bidak,dan satu menteri bernilai sembilan bidak.Tidak heran bidak itu sendiri sama nilainya dengan satu bidak saja, bahkan dengan standar masa kini dan tingkat inflasi.
Mengetahui nilai masing-masing perangkat membantu kita memastikan siapa yang memperoleh pertukaran yang lebih baik. Biasanya kita ingin mendapatkan kembali setidaknya sebanyak yang kita berikan. Untuk satu kuda, kita akan senang mendapatkan kembali setidaknya satu gajah, atau tiga bidak, atau kuda lainnya. Masih lebih baik mendapat benteng daripada satu kuda, hal itu membuat kita unggul dua bidak di dalam transaksi itu. Kemudian, ada menteri, perangkat yang paling kuat (nilainya sembilan bidak), yang nilainya masih sedikit lebih ketimbang dua benteng bersama-sama (5+5=10).

Material itu penting. Menghindari kehlangan material adalah cara khas seorang pemain yang berhasil. Tetapi catur adalah permainan yang dapat mengubah tekanannya pada waktu gerakan, usaha yang bersandar pada penilaian kembali fakta-fakta secara terus-menerus. Nilai material bersifat relatif- pada tahap permainan, unsur waktu, dan interaksi posisional dan kekuatan-kekuatan yang bersahabat dan bermusuhan.
Nilai relatif ini lebih nyata daripada di dalam kehidupan bidak yang rendah. Bidak adalah perangkat yang paling rendah nilainya dari perangkat lain dan langkahnya permanen. Dengan benteng atau gajah, misalnya, masih dimungkinkan untuk menarik diri kembali ke posisi semula setelah salah langkah. Aturan main mengizinkan keduanya dapat ditarik mundur ke tempat semula atau ke petak yang lain. Namun, tidak begitu untuk bidak. Gerak mundur ke belakang untuk bidak adalah melawan aturan. Sekali kita menggerakkan bidak, kita tidak bisa mengelakkan akibatnya.
Wajarlah bila mengira bidak kurang penting. Bidak kelihatan kurang penting karena sedikit yang dapat dilakukannya, setidaknya di awal permainan. Tetapi nilainya yang tidak langsung kelihatan dapat membuat bidak menjadi pendukung dalam pertahanan, khususnya sebagai tempat perlindungan raja. Kehilangan bidak yang menutupi raja, memungkinkan Anda kehilangan lebih banyak poin dalam material. Anda mungkin melengserkan raja yang mulia, dan dengan demikian mengakhiri permainan.

lasker03

Hal itu terutama berlaku untuk pembukaan dan tahap pertengahan permainan. Akan tetapi, menjelang akhir permainan si bidak kecil tiba-tiba memiliki prospek yang menakjubkan. Jika sebuah bidak dapat mencapai baris kedelapan pada papan catur, ia dapat dipromosikan menjadi perangkat lain apa pun, kecuali raja. Sebuah bidak yang dipromosikan hampir selalu berubah menjadi menteri.
Sekarang apa nilai nyata dari pasukan bidak? Pengecualian. Dengan satu menteri tambahan, skakmat jarang tidak tercapai. Namun di sini pun, material harus dipertimbangkan dalam kerangka keadaan yang nyata. Pada tempat dan waktu tertentu, pemain mungkin lebih suka mempunyai kuda saja, yang dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh menteri yang berharga tinggi-melompati berbagai rintangan untuk mendapatkan raja lawan.
Pemikiran diagonal, terutama, menuntut sikap yang luwes kepada setiap faktor yang mungkin, termasuk material. Menaruh nilai pada tiap perangkat membantu para pemain menganalisis keadaan permainan mereka, menentukan manfaat pertukaran dan pengorbanan, atau menaksir suatu penyerangan. Semuanya sama, para pesaing harus memahami bahwa setiap nilai angka dapat menjulang atau ambruk sewaktu kondisi-kondisi pasang surut.
Kekuatan yang mentah adalah dasar. Mengetahui sumber daya apa yang Anda kuasai dan menaksir kualitasnya sangat penting. Di dalam bisnis, seperti di dalam catur, sumber-sumber daya material harus dianalisis dan ditaksir kembali setiap pembukaan dan penutupan hari bisnis dan terkadang bahkan pada jam makan siang. Seperti yang dipahami Heraklitus setelah lama berselang bahwa ada bidak-bidak di dalam permainan catur atau bisnis besar, pasang surut tidak dapat dihindarkan. Nilai segala sesuatu dapat berubah. Masalah sumber daya sama saja-kadang-kadang bagaimana kita menggunakannya dan terkadang tidak menemukannya.

Anda tidak dapat mengembalikan perangkat yang telah Anda hilangkan.

Satu Tanggapan to “Jangan Memboroskan Material”

  1. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: