Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Bermain Untuk Tengah

Posted by pecaturjogja pada Mei 5, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian tujuh

Kiat permainan catur: Perangkat dapat berbuat lebih banyak dari tengah.

anatoly-karpovPada masa muda, ketika saya bekerja sebagai kepala pelayan di Klub Catur Manhattan, kadang-kadang saya duduk menyaksikan “pelajaran yang sedang berlangsung” dari para guru lain dan muridnya yang mulai dari teori catur ke prakteknya dan kembali lagi. Suatu hari saya sedang membersihkan asbak, salah satu dari tugas saya, ketika saya melewati seorang guru yang lelah dan frustasi. Waktu makan malam hampir tiba, dia dan muridnya sudah empat jam di sana. Mungkin itu merupakan hari yang tidak menyenangkan dengan para murid yang lupa bahwa gajah dapat mundur dan bahwa bidak tidak. Siapa tahu? Saya sibuk dengan banyak asbak.

Saya melihat lebih dekat. Sang guru sedang berusaha menjelaskan prinsip dasariah catur : bermain untuk petak tengah. Tetapi muridnya tetap memindah perangkatnya menjauh dari petak-tengah, khususnya kudanya. Akhirnya, guru yang bingung itu mengambil kembali sebuah kuda dari pinggir dan bertanya, “Haruskah Anda menaruh kuda ke pinggir, yang merupakan hal buruk, atau ke ke arah petak-tengah, yang bagus?”. Murid itu berfikir sedikit. Kemudian, dia mengangkat bahu, dan menjawab, “Saya tak ingin menggerakkan kuda saya. Saya ingin menggerakkan bidak saya.” Oleh karena itu, ia mulai mendorong salah satu bidaknya yang ada di sisi kanan, digeser jauh dari petak-tengah.

Guru itu mencoba lebih mengejek lagi. Dia berkata, “Baiklah”. “Jika begitu cara yang Anda inginkan, saya akan memakan bidak Anda yang gratis itu.” Dia memegang menterinya dan memakainya untuk menangkap sebuah bidak yang ada di deretan luar. Ini disebut “Menangkap bidak,” dan dosa utama permainan catur adalah kehilangan banyak di dalam suatu permainan, khususnya karena cenderung melenyapkan dari peredaran perangkat paling kuat di dalam permainan itu. Sampai sang menteri dapat digerakkan kembali ke dalam posisinya, yang biasanya berarti membawa ia kembali ke tengah, keagungannya akan lenyap.

Sekali lagi giliran murid itu. Malu, anak malang itu dengan gemetar mengangkut bentengnya melintasi papan itu menuju deret petak horizontal yang terakhir. “Saya pikir ini skakmat,” katanya ragu-ragu. Dan bagi gurunya hal itu membingungkan. Sementara sang guru memusatkan perhatiannya sebentar kepada batas pinggir papan catur, murid itu telah menang dengan menembus-dan lolos!-persis di pusat permainan.

Apakah guru itu salah? Dalam kasus ini, ya. Untuk sebentar ia melupakan nasihatnya sendiri tentang bermain di petak-tengah. Kejengkelannya sendiri merusaknya. Ia memindahkan menterinya dari panggung utama. Ia mengambil bidak “gratis” yang berdiri di sisi panggung. Dia membuka pertahanan rajanya. Dia kalah dalam permainan itu.

Petak-tengah pertama menunjuk pada empat petak di bagian tengah papan catur dan kedua menunjuk pada dua belas petak di sekitarnya. Kita dapat menjaga petak-tengah itu, sehingga aman untuk menempatkan perangkat kita di sana. Kita dapat menduduki petak tengah dan wilayah disekitarnya memiliki mobilitas yang besar. Kita dapat mempengaruhi posisi petak-tengah dengan menghalau atau melemahkan perangkat lawan dengan ancaman dari petak-tengah yang sama, yang kita punyai. Dan kita dapat memfasilitasi dan mempercepatnya dengan menduduki petak-tengah itu paling awal dengan kekuatan yang banyak pula, atau mengusik lawan kita dengan begitu banyak ancaman sehingga mereka sendiri tidak sempat mengganggu kita. Dengan mengambil inisiatif untuk mengontrol petak-tengah, kita dapat mengarahkan irama permainan.

Jadi, di dalam tahap pembukaan permainan catur, kita menggerakkan perangkat kita ke lokasi-lokasi tengah. Kita berusaha menjaga wilayah kekuasaan di sana di dalam tahap pembangunan. Dan kita berusaha memanfaatkan petak tengah sebagai basis berbagai operasi untuk mengakhiri permainan. Pada setiap tahap, kita bertujuan memaksakan diri kita di pertengahan, dan kita selalu mencari ke sana untuk mendapatkan bantalan-bantalan kita. Menyerahkan posisi tengah kepada lawan pada dasarnya menerima kekalahan di dalam pertandingan itu.

Wajar bagi para pendatang baru menghindari petak-tengah. Bagi mereka, menempatkan perangkat di tengah sama dengan mengundang kekuatan musuh untuk menyerang. Tetapi Anda harus mengharapkan perangkat Anda diserang pada petak mana saja. Para pemain harus melangkahkan perangkatnya ke suatu tempat, suatu tempat didefinisikan dengan enam puluh empat petak, dan suatu tempat yang paling baik biasanya adalah petak-tengah.

Para pecatur yang tidak mengikuti sekolah catur cenderung memilih petak-petak yang dekat atau yang berada di pinggir. Mereka mengira, di sana perangkatnya akan terhindar dari status spesies yang terancam. Dalam arti tertentu, mereka benar. satu perangkat yang ditempatkan di pinggir memang hanya dapat diserang dari petak-petak yang lebih sedikit dan lebih aman dari serangan daripada perangkat yang ditaruh di tengah.

Tetapi untuk memainkan permainan itu dengan berhasil berarti kita harus belajar berfikir dari sudut serangan dan kendali, bukan hanya perlindungan dan pertahanan. Sementara, kita umumnya terlebih dahulu memikirkan keselamatan, kita tidak akan membuat suatu efek di dalam permainan catur hanya dengan menjaga kekuatan-kekuatan kita. Para pecatur harus memikirkan imbangannya secara intuitif. Jika perangkat-perangkat itu kurang, maka secara mudah diancam saat berada di pinggir, itu juga berarti bahwa mereka kurang mudah memukul dari pinggir itu, perangkat-perangkat itu tak punya tempat untuk lari.

Kuda yang diletakkan di deretan luar hanya mempunyai kemampuan menjangkau empat petak. Diasingkan ke pojok, ksatria gagah berani itu duduk di puncak keputusasaan, dengan sedikit harapan mendapatkan penghiburan. Tetapi meletakkan perangkat itu di petak-tengah, dan ksatria itu menjadi penyelundup yang kuat, ia dapat menyerang sebanyak delapan petak yang berbeda.

Kembali ke gajah. Umumnya gajah, mengawasi lebih banyak wilayah kekuasaan ketika ditempatkan lebih dekat dengan petak-tengah, pada persilangan dua diagonal yang panjang. Menteri pun mempunyai mobilitas yang lebih tinggi dari petak-tengah. Selain dari benteng, yang kalau papan catur tidak kosong meliputi wilayah yang sama tak soal di mana pun ia ditempatkan, setiap unit catur merasa otoritasnya dikurangi dengan duduk di bagian pinggir.

Membatasi kekuatan-kekuatan Anda berari membatasi kesempatan Anda untuk menang. Itulah sebabnya para guru catur terus mengingatkan murid-muridnya bahwa kuda yang ditempatkan di pinggir akan suram bahkan berkurang kekuatannya. Pada akhirnya, murid-murid yang pandai, mempelajari pelajaran yang dekat sekali: Posisi tengah lebih baik karena memberi peluang-peluang yang lebih banyak.

Tetapi untuk sampai pada kesimpulan itu, para pemain harus mengatasi rintangan asumsi-asumsi awal mereka. Untuk menang, Anda harus membuat skakmat. Hal itu biasanya mengharuskan maju ke tengah, meskipun hal itu disertai risiko. Prasyarat alamiah untuk mengambil risiko yang masuk akal adalah bermain untuk mengontrol petak-tengah.

Tiada bisnis yang dapat dijalankan secara efektif, jika para pemain menghabiskan energi mereka hanya untuk melindungi apa yang telah dipunyai. Bisnis, seperti catur, adalah suatu persaingan. Berkompetisi berarti maju-sadar akan risiko, sadar kalau Anda tidak memanfaatkan kesempatan ketika situasinya meminta, Anda bisa kalah. Karena itu, hentikan kekacauan. Kendalikan tengah.

Bergerak dari tengah, tetapi tetap di tengah.

5 Tanggapan to “Bermain Untuk Tengah”

  1. Bintang Dwisetya said

    Keren juga nih blog, banyak pelajaran caturnya….salam kelan om dari Bintang ex pemain yunior Jabar yang udah ngak aktif….tapi sesekali masih main online.

  2. pecaturjogja said

    salam kenal juga dik…om juga sering main online di playchess.com

  3. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

  4. Paid said

    Sebenarnya permainan catur sangat membingungkan saya. Pada awalnya pertahanan saya sangat kuat, tapi pas ngambil inisiatif menyerang kok semuanya dengan mudah diobrak abrik ma sebiji luncur ato menteri.

  5. julio said

    Selamat siang,saya mau menawarkan software catur..ada 7 jenis pilihan yang bisa anda beli..

    1.software RYBKA 4 yang terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    2.software DEEP FRITZ 13 terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    3.8 in 1 software catur (Houdini 2,kasparov chessmate,Rybka 3,FRITZ 12 PORTABLE version,dll) seharga 50.000

    4.software CHESSBASE 11 harga 25.000 (database partai berjumlah 2 juta lebih yang telah diklasifikasi)

    5.software CHESSMASTER 10 harga 25.000 (punya metode training dan course paling bagus)

    6.kumpulan ebook catur sebanyak 500 ebook harga 25.000

    7.Kumpulan chess video lesson 25.000

    untuk info lebih lanjut cek website
    http://livebeta.kaskus.us/post/000000000000000676168281#post000000000000000676168281

    Hubungi
    JULIO
    082124284125
    PIN BB : 32821C86

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: