Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Mengembangkan Perangkat

Posted by pecaturjogja pada Mei 18, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian delapan

Kiat permainan catur: Untuk mendapat yang paling banyak dari pasukan, Anda harus mempersiapkannya dari awal.

morphy01-ewBayangkanlah hal ini. Seorang pecatur mulai menyerang lawannya sejak dari awal permainan. Memainkan Putih, ia mengeluarkan menterinya hampir pada saat itu juga. Ia menyorongkan dari satu petak ke petak lain, mengeluarkan ancaman demi ancaman kepada raja lawannya.

Lawannya dengan tangkas menampik setiap ancaman kosong. Dia menjawab setiap serangan menteri yang kuat dengan mengembangkan pasukannya sendiri lebih jauh. Hitam menyebarkan satu kuda, kemudian satu bidak yang cekatan, satu benteng, menterinya sendiri, dan satu gajah. Sementara itu, Putih berbalik bertahan memundurkan satu-satunya personel yang ia keluarkan, menterinya yang sendirian. Setelah berkelana kepada tujuh lokasi yang berbeda, menteri Putih kembali untuk tinggal di tempat semula seolah-olah ia belum pernah bergerak sama sekali. Siapa bilang Anda tidak bisa lagi pulang ke rumah?

Skenario itu bersejarah. Pertandingan itu diselenggarakan di Mobile, Alabama, pada pertengahan abad kesembilan belas, mengadu master dari Louisiana, Paul Morphy (1837-1884), yang memainkan Hitam melawan Hakim A.B. Meek (1814-1865) yang bersemangat dari New Orleans. Ancaman ganas yang terlalu dini dari Hakim itu memungkinkan Morphy membangun kekuatan yang tak terbendung yang terus berkembang. Hanya dibutuhkan dua puluh satu langkah bagi pria dari New Orleans itu untuk menaklukkan A.B. Meek.

morphy_01a

Morphy adalah pecatur pertama yang memahami dan mempraktekkan prinsip pengembangan. Mungkin dia adalah salah satu pecatur terhebat sepanjang masa, mengingat betapa jauh ia melampaui orang-orang sezamannya. Pengembangan bukan keasyikan utama permainan catur abad kesembilan belas. Prinsip pengembangan menjadi populer hanya ketika Morphy melakukannya.

Sekarang ini, para pecatur mengetahui lebih baik selain daripada hanya mengandalkan satu perangkat untuk melakukan pekerjaan kotor. Dibutuhkan kekalahan yang buruk untuk mengetahui bahwa suatu serangan tanpa pondasi membutuhkan daya yang sangat kuat. Para pecatur yang waspada memanfaatkan langkah-langkah pembukaannya untuk menyelidiki berbagai kesempatan. Mereka melakukan ini dengan berusaha secara sadar untuk menggerakkan perangkat yang berbeda secara bergiliran daripada menggerakkan perangkat yang sama berkali-kali.

Monster catur berkepala dua, praksis dan teori, telah menetapkan rangkaian perkembangan yang lebih disukai. Kita harus memulai dengan menggerakkan bidak-bidak kita yang ada di tengah. Kemudian, kita mencoba menempatkan perangkat minor kita-gajah dan kuda-kemudian perangkat mayor utama-menteri dan benteng. Anggota-anggota pasukan yang lebih ringan meletakkan dasar-dasar untuk serangan berikutnya. Kemudian, pasukan meriam berat menggelegar, biasanya setelah kita menyembunyikan raja dengan memasukkannya ke dalam benteng.

Morphy-lah yang mengajarkan kepada peminat catur bahwa pengembangan sejak awal sangat penting bagi teknik yang tak terkalahkan. Morphy menyimpulkan bahwa jika ia dapat mengembangkan perangkatnya secara efisien, ia akan memperoleh waktu, keuntungan yang paling penting di dalam tahap-tahap pembukaan pertandingan catur. Waktu adalah uang di dalam dunia bisnis. Waktu bisa memenangkan atau menghancurkan Anda di dalam dunia catur.

Benar-benar sulit memainkan jika perangkat kita tidak pernah bergerak dari petaknya semula. Oleh karena itu, kita berusaha segera  menggerakkannya, juga mengeluarkan ancaman-ancaman yang mengganggu. Seperti dikatakan Napoleon: “Inti dari strategi adalah mempunyai pasukan yang lebih banyak daripada pasukan musuh pada saat yang genting.” Dia pasti telah mengetahuinya.

Pengembangan tidak berarti mnggerakkan perangkat ke mana saja di bawah tenda, ke sembarang petak yang menawarkan pilihan yang sah. Untuk menggerakkan secara cerdas, para pecatur harus menemukan tempat yang benar-benar tepat bagi perangkat tertentu. Kemudian, seperti para jenderal yang waspada, segera menempatkan perangkat itu di sana. Menggerakkan suatu perangkat sebelum Anda mengetahui tempat yang tepat baginya, dan Anda mungkin berakhir dengan membuang-buang waktu untuk mengembalikannya ke tempat semula. Waktu Anda yang telah terbuang adalah waktu yang diperoleh lawan Anda. Yang paling bagus dalam segala dunia dunia proaktif, pasukan Anda harus maju secepat mungkin menuju petak-petak yang tepat.

Namun demikian, para pecatur pemula secara intuitif mengira bahwa raja mereka akan aman dari serangan jika para prajurit pengawal mondar-mandir disekitarnya untuk membantu mempertahankan tahta. Mereka cenderung cepat-cepat menggerakkan bidak, kerap membiarkan anggota pasukan mereka yang lebih cakap tetap tidur di rumah. Tetapi strategi ini jarang berhasil. Seluruh kota dapat diruntuhkan, jika para pejabat tingginya ditangkap selagi mereka lengah. Itu disebut ‘Perang Troya‘, dan itu terjadi setiap hari di atas papan catur di seluruh dunia.

Sebagai gantinya, para pecatur harus menjalankan semua perangkatnya secara harmonis. Mereka harus mendukung kekuatan satu sama lain untuk membagi-bagi serangan. Dengan demikian, mereka menghindari penempatan benteng di baris tertutup. Karena hal itu hanya akan membatasi jangkauannya. Mereka juga tidak mau menghalangi langkah gajah mereka dengan bidak yang ramah. Hal itu akan mementahkan harapan diagonal sang gajah.

Setiap perangkat membutuhkan tujuan. Gerak langkah demi langkah saja tidak cukup baik. Para pemain juga tidak dapat memindah-mindahkan perangkat yang sama beberapa kali tanpa konsekuensi. Anda tidak dapat memainkan olahraga-tim hanya dengan satu pemain di lapangan, mengingat tim, olahraga, dan lapangan itu berada di sisi yang nyata dari wilayah netral.

Paul Morphy melakukan lebih banyak hal selain dari sekedar menyusun tentaranya. Ia menunjukkan bahwa pengembangan terbaik adalah agresif, pukulan keras yang serentak, dan tak kenal kompromi. Anda dapat bermain untuk petak-tengah, mengembangkan perangkat Anda, dan benteng sejak dini. Tetapi jika Anda melakukan itu semua itu sambil mencegah lawan Anda melakukan hal yang sama, Anda benar-benar mempunyai pasukan yang kuat.

Area bisnis memiliki kemiripan dengan permainan catur. Tidak ada perusahaan yang dapat melakukan jenis permainan yang dimainkan Hakim Meek melawan Morphy, serangan-serangan yang begitu liar dan ganas tanpa didukung oleh persediaan. Kita telah melihat apa yang terjadi saat beberapa perusahaan dot com dipoles lebih daripada sekedar ide yang memberdayakan dan pemasaran yang agak curang. Bisnis itu sama dengan menteri tanpa pijakan yang digerakkan beberapa langkah ke sekitarnya. Mungkin menyenangkan menonton aksi yang cepat dan mendebarkan, tetapi itu tidak menghasilkan prestasi jangka panjang.

Kapan suatu bisnis dapat dianggap berhasil? Ketika bisnis itu dibangun di atas pondasi yang kuat. Hal ini membutuhkan pengembangan sumber-sumber dayanya, penempatan tiap-tiap komponen perusahaan itu di tempatnya yang terbaik dan alamiah, dan memastikan bahwa semua pihak membanggakan kemitraan yang jelas antara satu sama lain. Direktur yang mengambil pelajaran dari halaman buku Morphy, melakukan semua ini sambil membatasi kemampuan saingannya melakukan hal yang sama.
Ada hal penting di sini. Jika Anda tidak mengembangkan permainan Anda dan menghalangi lawan Anda sekarang, mungkin nanti tidak ada lagi permainan- Anda tidak lagi ikut bermain.

Orang yang sabar akan mewarisi peringkat pertama, percayalah.

1. Menurut legenda, Perang Troya adalah peperangan orang Yunani melawan orang Troya. Kota Troya berhasil dihancurkan setelah pintu gerbangnya berhasil dibuka oleh orang-orang Yunani yang masuk ke dalam kota dengan bersembunyi di dalam sebuah kereta-kuda-kayu. Kereta itu dibawa masuk oleh orang Troya sendiri yang tidak menyangka bahwa di dalamnya ada orang-orang Yunani.

2. Perusahaan dot com adalah perusahaan yang menjual produk atau jasa mereka secara online di Web Site lintas dunia.

2 Tanggapan to “Mengembangkan Perangkat”

  1. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

  2. julio said

    Selamat siang,saya mau menawarkan software catur..ada 7 jenis pilihan yang bisa anda beli..

    1.software RYBKA 4 yang terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    2.software DEEP FRITZ 13 terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    3.8 in 1 software catur (Houdini 2,kasparov chessmate,Rybka 3,FRITZ 12 PORTABLE version,dll) seharga 50.000

    4.software CHESSBASE 11 harga 25.000 (database partai berjumlah 2 juta lebih yang telah diklasifikasi)

    5.software CHESSMASTER 10 harga 25.000 (punya metode training dan course paling bagus)

    6.kumpulan ebook catur sebanyak 500 ebook harga 25.000

    7.Kumpulan chess video lesson 25.000

    untuk info lebih lanjut cek website
    http://livebeta.kaskus.us/post/000000000000000676168281#post000000000000000676168281

    Hubungi
    JULIO
    082124284125
    PIN BB : 32821C86

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: