Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Latihan Metode Perbandingan

Posted by pecaturjogja pada Mei 23, 2009

Dari Laboratorium Mark Dvoretsky


dvoretsky02Saat berlatih, sangat perlu kita membahas satu fragmen potongan partai secara luas atau dari berbagai sisi agar dalam pertandingan sebenarnya kita tidak terpeleset-tidak terjebak langkah selipan lawan.

Dalam proses latihan, kadang-kadang kita memberi pilihan variasi dari satu ke pilihan berikutnya tanpa mengkalkulasinya secara mendalam, sehingga kita sering menemukan bahwa variasi pertama tampaknya buruk, namun dalam prosesnya terkadang lebih baik daripada variasi lain yang ditawarkan yang semula kelihatannya lebih baik.

Lewat proses latihan metode perbandingan yang terus menerus tersebut, kelak dalam pertandingan sebenarnya kita akan bisa menentukan secara lebih mudah mana variasi yang perlu diperiksa sekilas saja. Naluri kita akan terasah untuk mendeteksi mana variasi yang sangat penting, mana yang penting dan mana yang kurang penting. Sehingga waktu kita tidak habis untuk memikirkan suatu variasi yang tidak perlu.

Timman – Kasparov

Dwitarung Hilversum (1), 1985

timman-kasparov1
Lihat diagram. Hitam memiliki keunggulan yang sangat menentukan, satu-satunya masalahnya adalah bagaimana mengeksploitasi keunggulan tersebut. Dalam partai sebenarnya, Kasparov melakukan kombinasi pemula yang berbasiskan pada serangan ganda yang menghasilkan dua perwira ringan untuk satu Bentengnya.

1…Bxb5 2.Kxb5 Mc6 3.f3 Mxb5
Lalu partai berlanjut…
4.Gxg7 Rxg7 5.Mc3+ Rg8
Jika 5…Rh7 6.Mf6 dan ada ancaman ganda terhadap bidak di f7 dan Kuda di f4.
6.Me5
Dan Hitam, dengan maksud ingin menghindari pertukaran Menteri (7.Me8+), terpaksa harus membawa mundur Kudanya yang menduduki pos depan yang bagus.
6…Kfe6
Timman-kasparov2

Hitam sebetulnya bisa memperoleh keuntungan lebih banyak dengan memanfaatkan ide yang sama tetapi dengan cara yang berbeda:

1…Mb7!
Tetapi tentu saja tidak 1…Gxd4? 2.Gxd4 Mb7 karena 3.Gf1.
2.f3
Jika 2.Gc6 Mxb2-+ atau 2.Kc6 Mxb5 3.Kxb8 Gxb2-+

Tidak begitu jelas jika 2…Kcd3 3.Gxd3 Mxb2 4.Kc6! Kxd3

Timman-kasparov3

5.Ke7+! (ketimbang 5.Mxd3? Mb6+)
3.Gxd4 Kce6

Timman-kasparov44.Ge5
Jika 4.Gc6 Kxd4-+

4…Mxb5 5.Gxb8 Mxb8-+

Timman-kasparov5

Posisi yang muncul serupa dengan apa yang terjadi dalam partai sebenarnya, kecuali letak Kuda-kudanya yang jauh lebih menguntungkan yang menawarkan kemungkinan menyeranag lebih bagus di sini, sementara yang terjadi dalam partai sebenarnya terlalu jauh dari Raja Putih dan tugas mengaktifkan kembali kedua Kuda tersebut agak sulit bisa diwujudkan. Oleh karena itu lanjutan 1…Bb5?! lebih lemah dibandingkan 1…Mb7!
Kedua variasi di atas dimaksudkan sebagai salah satu cara melatih Metode Perbandingan, karena dalam penelitian selanjutnya telah ditemukan cara menang yang lebih meyakinkan, yaitu 1.Kce6!

Soal Latihan No.5
Tema: Metode Kalkulasi

Tavadian – Tseshkovsky

Irkutsk, 1983

Tavadian-Tseshkovsky

Perhatikan diagram di atas. Silahkan anda menilai posisi siapa yang lebih unggul dan apa alasan atau pertimbangannya. Kemudian jika Putih yang giliran melangkah, hitung variasi yang mungkin dengan segala percabangannya. Tulis seluruh perhitungan dan komentar anda. Jawabannnya akan dibahas nomor depan. (INTISARI CATUR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: