Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

GMW Irene Kharisma dan MI Tirta Chandra Favorit

Posted by pecaturjogja pada Juni 19, 2009

Kejuaraan Nasional Catur Mahasiswa sebentar lagi digelar di Auditorium Gedung D Lantai 2, DITJEN DIKTI, Depdiknas Jl. Jend. Soedirman Pintu I, Senayan Jakarta, 20-24 Juni 2009. Sudah lebih dari 200an mahasiswa/i dari lebih lima puluh perguruan tinggi dari ujung Sumatera Utara sana hingga kota Makassar di sebelah Timur Indonesia telah mendaftarkan diri.

catur+buta+tirta+vs+mike+wanggeMI Tirta Chandra Purnama bermain tanpa melihat papan (blindfold chess) melawan wartawan senior harian sore Suara Pembaruan Mike Wangge dalam eksebisi seusai konperensi pers 17 Juni 2009. Partai dimenangkan Tirta setelah Raja sang wartawan digiring ke petak kematian di a4!

Para pecatur terbaik Indonesia seperti GMW Irene Kharisma Sukandar yang baru lulus SMA dan masuk Universitas Gunadarma (Jakarta) sudah menyatakan diri ambil bagian. Juara bertahan di perorangan putra MI Tirta Chandra Purnama dari STIE Indonesia (Jakarta) juga memastikan diri akan mempertahankan gelarnya. Bahkan dalam acara konperensi pers hari ini Rabu 17 Juni 2009 Tirta Chandra mau melakukan eksebisi catur buta (main tanpa melihat papan) melawan wartawan penggemar catur yang hadir!

diagram+mat+di+a4

Yang paling menggembirakan tentu saja semakin meluasnya jumlah kampus yang berpartisipasi dibandingkan tahun lalu. Saat ini saja sudah lebih dari dua kalinya. Bukan cuma nama-nama kampus yang terkenal sebagai gudangnya pecatur seperti Gunadarma (Jakarta), STIE Indonesia (Jakarta), Universitas Gajah Mada (Yogya), Mikroskill (Medan), ITB, Universitas Padjajaran (Bandung), Unsoed (Semarang), tapi juga bermunculan nama-nama kampus baru seperti LP3KI Banda Aceh, Universitas Muh. Raja Ali HJ (Kepri) dan banyak lainnya yang dapat dilihat dalam lampiran.

Ramainya peserta tentu saja tidak terlepas dari mulai rutinnya kejuaraan catur antarmahasiswa ini yang sejak tahun lalu dilaksanakan langsung oleh PB Percasi bekerja sama dengan Depdiknas (sebelumnya diselenggarakan bergantian dari satu kampus ke kampus lainnya yang ternyata terbengkalai di tengah jalan). “Kami menyambut baik kerja sama ini karena catur sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan,” seperti pernah dituturkan oleh Dirjen Dikti Fasli Jalal.

Perhatian besar Depdiknas tentu saja tak terlepas dari suksesnya setiap kejuaraan catur yang diselenggarakan oleh PB Percasi dan terus mencuatnya prestasi para pecatur Indonesia di manca negara. Kejurnas mahasiswa yang akan dimulai Sabtu tgl 20 Juni 2009 pukul 09:00 ini juga akan langsung dibuka oleh Mendiknas Bp. Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA.

 
Kategori : Berita Percasi
Sumber  : Potret Catur 
Foto2 oleh Kristianus Liem
Nama peserta yang sudah mendaftar bisa dilihat disini

Satu Tanggapan to “GMW Irene Kharisma dan MI Tirta Chandra Favorit”

  1. Ropihudin said

    Saya mau tanya apakah kejurnas catur antar mahasiswa 2010 masih diadakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: