Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Hasil-Hasil Kejurnas Catur Mahasiswa 2009

Posted by pecaturjogja pada Juni 22, 2009

Hari ke-5/ Rabu,24-06-2009 :

MI TIRTA CHANDRA & IIN DWIJAYANTI JUARA

Master Internasional (MI) Tirta Chandra menjadi juara perseorangan putra Kejurnas Catur Mahasiswa 2009 setelah poinnya tidak terkejar para pesaingnya, kemarin.

Gelar juara diraih Tirta setelah pesaing terdekatnya Master Nasional (MN) Ricky Rismanto hanya bermain remis melawan MN Iwan Prihastomo pada babak akhir kejurnas di Gedung Dikti Jakarta itu.

Pada perorangan putri, gelar juara diraih Kd Iin Dwijayanti dari Universitas Udayana Bali poin 8,5 mengungguli Norasya Verdiana dari Universitas Pancasila yang berada di tempat kedua dengan poin 8. Posisi ketiga ditempati Evie Lindiawati (STIE Indonesia) poinnya 6,5.

Pada beregu putra, gelar juara direbut tim catur STMIK Cilegon ”A”. dalam babak terakhir atau babak sembilan, mereka mengalahkan STMIK Metroskill Medan dengan skor 2-1 sehingga poin bertambah menjadi 15.

Tim yang beranggotakan Reza Fajar Nugraha, Mohamad Sohari, dan Nixon Hamonangan itu pun menjadi juara. Runner up ditempati STIE Indonesia yang unggul satu poin di atas peringkat ketiga STMIK Metroskill.

Juara beregu putri diraih Unsoed Purwokerto. Sedangkan runner up Universitas Negeri Yogyakarta dan peringkat ketiga IAIN Maulana Hasanuddin Banten.

R9

Hasil lengkap putra klik di sini 

R9pi

Hasil lengkap putri klik di sini

Hari ke-4/Selasa,23-06-2009 :

KLIMAKS : GM SUSANTO MUNDUR DARI TURNAMEN

Hari keempat Kejurnas Catur Antar-Perguruan Tinggi II/2009 di Gedung Dikti Depdiknas, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6) kemarin, ditandai dengan didiskualifikasinya pecatur putri nomor satu Indonesia, GMW Irene Kharisma Sukandar.

Irene dicoret karena status kemahasiswaannya di Universitas Gunadarma, Jakarta, belum sah. Irene yang baru lulus SMU dan terdaftar sebagai calon mahasiswa di Gunadarma, tidak bisa menunjukkan registrasi kartu tanda mahasiswa (KTM).

Adalah Universitas Panca Sila yang melayangkan protes kepada panpel tentang keabsahan Irene. Panpel pun akhirnya mengklarifikasi status Irene dan ternyata gadis berusia 18 tahun ini belum mengantongi KTM.

‘Sebetulnya sejak babak pertama (20/6), status Irene sudah dipertanyakan, namun kami masih menunggu bukti registrasi dari Gunadarma. Karena mereka tidak bisa memberikan registrasi, maka Irene didiskualifikasi,’ kata Inspektur Pertandingan Hendri Djamal.(BALI POST)

Manajer Tim Gunadarma, Bunawan, melayangkan surat protes setelah GMW Irene Kharisma Sukandar didiskualifikasi pada babak kelima, sehingga tidak boleh melanjutkan lagi melakukan pertandingan di babak keenam sampai selesai.

“Saya mengajukan surat banding untuk mempertanyakan kenapa Irene Kharisma dipermasalahkan setelah tampil di partai kelima,” sesal Bunawan di Jakarta.

Irene diskualifikasi karena dianggap tidak sah menjadi mahasiswa Gunadarma yang baru lulus 17 Juni lalu. Padahal, dia sudah mengajukan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sementara dari Gunadarma. Namun panitia tidak mengindahkan dan langsung memberikan surat diskualifikasi.

Mendengar keputusan itu, Irene juga protes, apalagi diskualifikasi tidak dilakukan saat technical meeting pada 20 Juni. “Kenapa saya didiskualifikasi setelah bermain di babak kelima, padahal posisi saya sudah ada di urutan teratas dengan mengumpulkan nilai lima tanpa terkalahkan,” paparnya.

Irene sebelumnya menaklukkan lawan terberatnya pecatur putri dari STIE Indonesia MN Evi Lindiawati pada babak keempat di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Mahasiswa 2009.

Evi yang merupakan teman latihannya, kata Irene, sudah hafal dengan gaya permainannya. Maka, dirinya terpaksa mengeluarkan strategi baru untuk mengalahkan Evi. “Pada awal pertandingan, saya sudah melakukan pembukaan alegen. Sehingga pada pertengahan pertandingan, saya berhasil mengalahkannya,” tuturnya.(waspada.co.id)

GM Susanto Megaranto mengundurkan diri dari Kejurnas Catur Antarmahasiswa yang berlangsung di Auditorium Depdiknas, Jakarta, Selasa (23/6). Mundurnya Susanto yang membela Universitas Gunadarma ini sebagai bentuk solidaritas, setelah panitia mendiskualifikasi empat pecatur Universitas Gunadarma.

Empat pecatur Universitas Gunadarma yang terkena diskualifikasi adalah GMW Irene Kharisma Sukandar, Gerhana Kartika, Ajeng Nurmaida, dan Mega Sari Chaniago, yang merupakan anggota regu putri Gunadarma. Mereka didiskualifkasi karena diduga belum berstatus mahasiswa.

Nama GM Susanto Megaranto sebenarnya masih terdaftar di babak keenam melawan MI Tirta Chandra. Namun, karena Susanto menarik diri akhirnya MI Tirta Chandra dinyatakan menang WO. Sementara Irene yang didiskualifikasi di babak kelima karena kasus kartu tanda mahasiswa (KTM) yang bermasalah, namanya langsung tidak ada dalam daftar pertandingan di babak keenam.

“Kalau panitia tetap mendiskualifikasi empat pecatur kami, ya lebih baik kami mundur secara keseluruhan saja dari kejurnas ini,” kata Manajer Tim Universitas Gunadarma, Bunawan.

Dengan keputusan itu, mulai babak keenam, Selasa (23/6), hingga babak terakhir pada Kamis (24/6), kejurnas tidak menampilkan 19 pecatur dari Tim Universitas Gunadarma, termasuk dua pecatur bergelar GMW Irene dan GM Susanto.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Kejurnas Sebastian Simanjuntak mengatakan, panitia menolak banding yang sempat dilayangkan pihak Universtias Gunadarma. “Kami tetap pada ketetapan kami mendiskualifikasi empat pemain Universitas Gunadarma itu meski mereka banding. Jangan salah, kami bukan mendiskualifikasi Universitas Gunadarmanya, tetapi yang kami diskualifikasi adalah empat pemainnya,” kata Sebastian, yang juga menjabat Wakil Sekjen di PB Percasi itu.

Sebastian pun mengatakan, tim catur Universitas Gunadarma akan diberi sanksi karena memasukkan pecatur yang belum mahasiswa dan memerintahkan seluruh atletnya mundur dari turnamen. “Yang akan memberikan sanksi bukan panitia, tetapi PB Percasi. Universitas Gunadarma perlu diberikan sanksi karena diduga memerintahkan pecatur lain seperti GM Susanto Megaranto untuk mundur dari turnamen dan mengikutkan pecatur yang belum berstatus mahasiswa di kejurnas ini,” katanya. (PIKIRAN RAKYAT)

 

Hasil Pertandingan Babak ke-5 /senin, 22-06-2009 :

Perorangan Putra :

Result R5

Pairing Babak ke-6 :

Pairing R6

Hasil pertandingan perorangan putri sampai babak 5 bisa dilihat di : http://chess-results.com/tnr22952.aspx?art=0&lan=2&flag=30&m=-1&wi=1000

Satu Tanggapan to “Hasil-Hasil Kejurnas Catur Mahasiswa 2009”

  1. usman said

    Ass..ini mungkin sudah sangat lama tp saya berharap bpk/ibu dapat memberikan/mengirimkan hasil lengkap kategori beregu kejurnas mahasiswa tahun 2009.
    semoga dapat membantu..
    thanks before

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: