Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Indonesia Miliki Banyak Pecatur Calon MI

Posted by pecaturjogja pada Juli 1, 2009

Indonesia dewasa ini memiliki banyak pecatur yang sangat potensial menjadi master internasional (MI) namun kurang mendapatkan pembinaan.

“Sayangnya, pembinaan catur di Indonesia jarang yang serius. ‘Angin-anginan’,” kata Bunawan, seorang pengamat dan pembina olahraga catur di Jakarta, Selasa.
Saat ini, kata Bunawan, Indonesia memiliki sedikitnya 20 pecatur muda yang memiliki potensi untuk meraih gelar MI tapi  butuh pembinaan intensif dan berkesinambungan.
Bunawan mencontohkan Masruri Rahman dan Farid Firmansyah yang masih berusia muda tapi telah meraih predikat Master Nasional (MN).
“Pecatur-pecatur muda nasional itu jangan dibiarkan berlatih sendiri tanpa ada program pembinaan yang berkala,” ujarnya.

Para pecatur yang telah meraih MN itu perlu dibina agar kemampuan dan naluri membaca permainan lawan yang mereka miliki semakin terasah.
Kemudian pemerintah perlu memfasilitasi agar para pecatur muda potensial itu dapat memiliki “jam terbang” dengan mengikutkan mereka dalam pertandingan di luar negeri.
Selain menambah pengetahuan dan jam terbang, keikutsertaan itu juga dapat menambah poin mereka sebagai atlet catur profesional.
Namun, harapan itu diperkirakan masih sulit direalisasikan karena program pembinaan catur nasional tidak dilakukan secara serius dan berkesinambungan.
“(Pembinaannya) ‘angin-anginan’,” kata mantan Ketua Bidang Pembinaan Yunior PB Pecasi itu. (ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: