Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Menikah di Moskow, Pindah ke Cile

Posted by pecaturjogja pada Juli 5, 2009

SIKAP negatif penguasa Amerika terhadap Bobby Fischer ternyata tak hanya 10 tahun belakangan ini. Beberapa bulan silam, surat kabar The Philadelphia Inquirer menguak rahasia Biro Penyelidik Amerika, FBI, yang ada kaitannya dengan Fischer. Menurut dokumen itu, FBI terus-menerus mengawasi gerak-gerik keluarga Regina Wender, ibu sang GM. Pangkalnya, para agen federal mncurigai perempuan itu sebagai mata-mata Uni Soviet. ketika itu, isu Perang Dingin memang lagi hangat-hangatnya.

 regina wenderDengan dasar kecurigaan ini, FBI menelusuri jejak Regina dari berbagai sumber. Dari dokumen setebal 750 halaman itu diketahui, di masa remajanya, pada 1930-an, Regina pindah dari Amerika ke Jerman, lalu ke Rusia. Ia tinggal di Rusia selama lima tahun (1933-1938) dan menjalani pendidikan di sekolah kedokteran. Atas dasar ini, para agen FBI menyimpulkan, Regina kemungkinan besar termotivasi secara ideologis menjadi perpanjangan tangan Soviet.

Kecurigaan ini makin kuat pada 1942, setelah FBI mendapat telepon dari seseorang yang mengaku menemukan surat Regina yang berbau politik. Pengawasan itu pun kian ketat pada masa-masa berikutnya. Pada 1957, Regina mengontak Kedutaan Besar Uni Soviet. Sebenarnya ia hanya membincangkan rencana perjalanan Bobby Fischer ke Rusia, untuk mengikuti pertandingan catur tahun berikutnya. Langkah itu kian menimbulkan kecurigaan FBI.

Malah, ketika Bobby Fischer bertarung di Uni Soviet, pada 1958, FBI makin waswas karena menduga Uni Soviet bakal merekrut Fischer, yang sudah meraih gelar GM termuda di dunia. Itu sebabnya, sebelum Bobby Fischer bertolak ke Uni Soviet di musim panas 1958, FBI menyusupkan beberapa agennya. Selama berada di Moskow, Fischer bermain bagus kendati lawan-lawannya bukan pemain terbaik di “negeri beruang” itu. Ia mengeluhkan hal itu kepada ibunya lewat telepon.

bobby_fischer_099Hubungan telepon itu disalahtafsirkan oleh agen dan petinggi FBI. Dalam laporan sang agen disebutkan, “sangat mungkin Soviet melakukan pendekatan kepada Rober Fischer, tapi agaknya pemuda itu tersinggung.” lacakan agen-agen FBI terhadap keluarga Fischer memang memberi informasi cukup lengkap tentang keluarga pecatur dunia itu. Berdasarkan akta kelahirannya, ayah Bobby Fischer diketahui bernama Hans-Gerhardt Fischer. Ahli biofisika berkebangsaan Jerman ini menikahi Regina pada 1933 di…Moskow!

Pasangan suami-istri ini dikabarkan bercerai pada 1945, dua tahun setelah kelahiran Bobby Fischer. Tetapi, FBI punya catatan lain. Mereka hidup bersama sebagai suami-istri hanya sampai 1939, saat Regina pindah ke Amerika. Sang suami, menurut sumber FBI, tidak pernah ikut ke Amerika dan memilih tinggal di Cile. Di negeri itu, konon Hans bekerja sebagai fotografer. Kalau dokumen itu benar, informasi FBI itu tentu menimbulkan teka-teki tentang siapa sebenarnya ayah Bobby Fischer.

Artikel tentang ayah Bobby Fischer    &   astrologi Bobby Fischer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: