Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia: Tak Lolos Kualifikasi

Posted by pecaturjogja pada Agustus 7, 2009

GMW Irene Kharisma Sukandar (rating 2.311) hanya bertengger di peringkat empat pada Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam. Irene mengumpulkan enam poin setelah memenangi babak terakhir, Rabu (29/7), atas GMW Hoang Thi bao Tram (2.274) pada langkah ke 50 pertahanan caro-kann.

Dengan begitu, Irene gagal memperoleh tiket untuk tampil di Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2010 karena hanya menyediakan satu tiket, bagi juara, ke Kejuaraan dua tahunan itu.😦😦

“Irene harus menunggu kejuaraan selanjutnya dan mengikuti kualifikasi, tapi kami menemukan kelemahan Irene dalam petandingan di Vietnam ini,” ujar Kristianus Liem, Humas Percasi.

Kelemahan dari GMW pertama Indonesia ini adalah ketika lawan memberikan varian pembukaan yang belum dikenalnya. Irene tampak seperti kehilangan arah dan sulit menentukan langkah berikutnya sehingga kesalahan langkah sering terjadi.

Kiprah Susanto

Sementara itu, GM Susanto Megaranto (2.534) mengukuhkan diri di peringkat lima ketika mengalahkan MI Huynh Minh Huy (2.500). Ketika Huy meminta remis pada langkah ke-10 dan ditolak Susanto, partai langsung berjalan keras dengan kedua pemain saling serang pada sayap yang berlawanan. Pada bangunan seperti ini biasanya siapa yang lebih cepat dalam menyerang dialah yang menang.

Kali ini Susanto selangkah lebih cepat. Huy menyerah pada langkah ke-22 serangan trompowsky karena ada ancaman mat dalam dua langkah yang tidak mungkin ditangkis lagi. ( Hebaat🙂 :) menang partai mini😀 )

“Susanto memang tak lolos kualifikasi untuk tampil di Piala Dunia Dunia Catur di Khanty Mansyisk, Rusia, pada November nanti, tapi dia masih bisa mencobanya tahun depan.” tutur Kristianus.

Dua pecatur putra Filipina yang lolos kualifikasi ke Piala Dunia adalah Laylo Darwin (2.494), mengoleksi 8 poin, dan unggulan pertama turnamen, GM Wesley So (2.645), yang mengemas 6,5 poin.

Di putri, unggulan pertama GMW Batkhuyag Monguntuul (2.420) dari Mongolia menjadi juara dan merebut tiket ke Kejuaraan Catur Wanita 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: