Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Persiapan Kejuaraan Catur Wali Kota Bima, 400 Pecatur Sudah Mendaftar

Posted by pecaturjogja pada Agustus 10, 2009

Menghadapi Kejuaraan Catur Terbuka Wali Kota Bima se-Indonesia, 9-16 Agustus mendatang, panitia menggelar rapat evaluasi kesiapan panitia di Hotel La Ila.. Rapat dipandu Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bima, Jubair, SKM, MKes dan sekretaris panitia, Sofran YB, SAg. Saat itu, mendengarkan kesiapan Ketua I, Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Hardi, MSi, yang menangani perlengkapan, gedung, acara dan undangan.
Kemudian Ketua bidang promosi dan kehumasan yang ditangani Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima, Drs H Muhidin AS Dahlan, MM, Ketua bidang Sekretariat, Ir Juwaid, Ketua Bidang keamanan, kesehatan, dan konsumsi, Drs Muh Tahir, dan ketua bidang dana dan transportasi, serta penginapan.
Dalam rapat itu, semua bidang siap menyukseskan agenda itu. Apalagi, direncanakan akan dibukan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga, Adyaksa Dault. “Kita berharap semua bidang melaporkan kebutuhan yang diperlukan dalam menyukseskan acara itu,” ujar Jubair.
Kata Jubair, pada turnamen yang berhadiah total Rp 208 juta dan juara pertama akan meraih hadiah Rp50 juta itu, dananya dari hibah Pemerintah Kota (Pemkot Bima) sebesar Rp300 juta dan sumbangan lain yang tidak terikat. Hingga saat ini panitia sudah mengantungi dana sebesar Rp350 juta dari total anggaran sebesar Rp500 juta. “Kemarin kita menerima dana bantuan dari Tukad Mas sebesar Rp35 juta,” katanya.
Turnamen itu mengusung tema Spektakuler Merdeka, dengan tujuan sebagai ajang pengembangan prestasi bagi pecatur Bima dan NTB, kemudian sebagai promosi wisata untuk mengenalkan kota dan budaya Bima.
Selain itu, katanya, ikut menyukseskan visit Lombok- Sumbawa 2012 dengan memasyarakatkan catur sebagai olahraga murah, bergengsi, bermartabat, berprestasi dan dapat dipertandingkan pada semua level. “Pada kejuaraan itu kita akan menggunakan sistem babak prakualifikasi dengan merebut hadiah total Rp5 juta bagi pecatur yang meraih peringkat satu hingga sepuluh,” katanya.
Kejuaraan itu, jelasnya, direkomendasi sebagai kategori bintang lima dan akan menghasilkan norma master (Master Nasional dan Master Percasi).
Hal senada dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima, Drs H Muhidin AS Dahlan. MM. Kejuaraan itu, sebagai salah satu ajang promosi Kota Bima menghadapi visit Lombok- Sumbawa 2012 mendatang.
Pada pembukaan nanti, katanya, digelar pawai budaya dengan menyiapkan kuda hias sebanyak sepuluh ekor dan saat pembukaan rombongan Menteri dan beberapa Grand Master (GM) akan disambut dengan tari Sere dan Wura Bongi Monca.

400 lebih Pecatur sudah Mendaftar

Sebanyak 400 lebih pecatur dari seluruh daerah di Indonesia, mendaftar dalam kejuaraan Catur Wali Kota Bima Cup se-Indonesia di Paruga Nae, 9-16 Agustus mendatang.
Dua belas pecatur dari Sulawesi Selatan tiba di Kota Bima menumpangi kapal laut KM Awu, Kamis (6/8). Mereka menginap di hotel La Ila dan terus berlatih dengan pecatur Bima. Dua diantaranya bergelar Master Nasional (MN), 10 lainnya siap mengikuti babak prakualifikasi.
“Biasanya peserta dari luar daerah akan membludak pada hari H-nya. Panitia akan sibuk melayani peserta,” ujar sekretaris panitia, Sofran YB, SAg, MN, di sekretariat panitia, hotel La Ila, Jumat (7/8).
Tidak hanya itu. Beberapa pecatur nonmaster Jawa Barat juga baru sampai, Jumat sore. Pecatur dari Jawa menginformasikan sedang dalam perjalanan dari Mataram ke Bima dan diperkirakan akan tiba Jumat malam.
Dijelaskan Sofran, dua Grand Master (GM) Ardiansyah dari Riau dan Herman Surdiraja dari DKI akan tiba pada Sabtu (8/8). “Saat ini sekretariat panitia mulai dipadati peserta dari Kota dan Kabupaten Bima yang ingin mendaftar,” katanya.
Informasi dari Ketua Percasi Kota Bima, Jubair, SKM, MKes, sudah menghadap Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Adyaksa Dault bersama Ketua PB Percasi Pusat, GM Utut Ardiansah. Namun, Menteri menyesalkan tidak bisa membuka kejuaraan itu, karena pada saat yang bersamaan dikukuhkan sebagai doktor di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.
Menteri salut kepada Wali Kota Bima yang menyiapkan hadiah bernilai tinggi. (Khairudin M. Ali/Bima Ekspres)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: