Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Karakter Dan Gaya Permainan

Posted by pecaturjogja pada November 2, 2009

Permainan catur bukanlah proses yang hanya melibatkan 32 buah catur dan 64 petak, melainkan sebuah pertarungan yang melibatkan emosi antara dua individu yang dibatasi oleh peraturan permainan yang baku, dan mereka tidaklah pernah dapat menghindari kesalahan/blunder, baik blunder kecil maupun blunder besar dalam permainan tersebut.😀

 

cicak-vs-buayaSetiap pemain catur, baik amatir atapun profesional, akan membawa unsur karakter kepribadiannya yang tercermin dalam gaya permainannya. Gaya permainannya bukanlah hanya perpaduan dari pengetahuan caturnya saja, akan tetapi merupakan ekspresi dari karakternya. Jika kita mengenal seseorang dengan baik dalam kehidupan kesehariannya, maka kita dapat menebak gaya permainan seperti apa yang akan dia pilih dalam permainan caturnya. Seorang yang terlalu berhati-hati dan selalu khawatir dalam hidup tidaklah akan menampilkan gaya permainan yang berani. Seorang dengan jiwa spekulatif (gambler), akan memainkan permainannya dengan keputusan-keputusan yang beresiko yang terkadang tanpa memperhitungkan secara mendalam kemungkinan jawaban-jawaban langkah dari lawannya. Seorang optimis cenderung menilai posisi terlalu berlebihan, sementara seorang pesimis akan selalu melihat bahaya dan kesulitan dalam setiap posisi. Gaya individu seseorang dalam permainannya merupakan refleksi dari karakter pemain tersebut.😀😀

Garry Kasparov, juara dunia catur tahun 1985-2000 pernah berkata “Kelemahan karakter biasanya tercermin dalam sebuah permainan catur”.

Anatoly Karpov, juara dunia 1975-1985, sesuai dengan karakter hidup nya yang tenang dan sabar, serta tidak meledak-ledak, pernah mengungkapkan perkataan yang mendalam seperti ini “Jika dalam satu posisi catur dimana saya harus memilih antara 2 keputusan yang sama baiknya; pilihan yang pertama : langkah kombinasi taktis yang cantik namun membutuhkan akurasi kalkulasi yang tidak boleh meleset sedikitpun jika ingin berhasil, atau pilihan yang kedua : langkah tekanan posisional yang mengarah pada keuntungan di babak akhir dengan keunggulan kecil namun stabil dan akan membesar perlahan-lahan, maka tanpa ragu saya akan memilih yang kedua. Namun jika saya dihadapkan pada kondisi dimana hanya ada 1 pilihan saja yang menuju kemenangan, maka tidak diragukan lagi jalan itu yang harus diambil”.

Sebagai penutup, saya kutip kalimat indah yang amat saya suka dari Daniel Freeman, seorang pecatur dari Amerika yang juga salah satu pendiri http://www.chessgames.com, yang mengatakan “Untuk menjadi lebih baik dalam setiap permainan apapun, kita harus menemukan kelemahan kita dan berusaha untuk menghilangkannya. Saya belajar dari permainan catur bahwa salah satu kelemahan saya adalah sering tertipu oleh penampilan luar, dan sering terpengaruh oleh masa lalu (posisi yang sudah berlalu dan tidak bisa kembali) padahal saya harus fokus pada masa depan (posisi yang ada dihadapan saya saat ini). Ketika saya berusaha memperbaiki kelemahan-kelemahan saya tersebut, saya tidaklah hanya menjadi pemain catur yang lebih baik, akan tetapi saya juga menjadi individu yang lebih baik. Catur adalah salah satu permainan yang dapat meningkatkan karakter”

Saya pribadi dahulunya bukanlah tipe karakter orang risk-taker, dan saya cenderung mengambil langkah aman baik dalam kehidupan maupan dalam gaya permainan catur. Namun seiring waktu, saya mulai berani mengambil keputusan-keputusan yang bersifat calculated risk atau resiko yang dapat dihitung baik di kehidupan juga tercermin dari gaya permainan saya.
Oleh Tjauw Chien Ming di andriewongso.com

3 Tanggapan to “Karakter Dan Gaya Permainan”

  1. Apa yang anda jelaskan dalam uraian di atas cukup mantap dan memang itu adalah dinamika kehidupan para pecatur. Orang yg berpenampilan kalam biasanya catur tidak akan garang segarang yang sering ditampilkan pecatur legendaris Bobby Fischer yang cendrung memborbardir lawan-lawannya dari babak awal. Karpov tenang namun pertahahannya sangat luar biasa kokoh namun penempatan buah caturnya yang begitu solid membuat lawan-lawannya semakin frustasi. Dan masih banyak lagi contoh lain pecatur-pecatur urakan dan tenang sepanjang sejarah catur dunia. Salam

  2. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

  3. julio said

    Selamat siang,saya mau menawarkan software catur..ada 7 jenis pilihan yang bisa anda beli..

    1.software RYBKA 4 yang terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    2.software DEEP FRITZ 13 terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    3.8 in 1 software catur (Houdini 2,kasparov chessmate,Rybka 3,FRITZ 12 PORTABLE version,dll) seharga 50.000

    4.software CHESSBASE 11 harga 25.000 (database partai berjumlah 2 juta lebih yang telah diklasifikasi)

    5.software CHESSMASTER 10 harga 25.000 (punya metode training dan course paling bagus)

    6.kumpulan ebook catur sebanyak 500 ebook harga 25.000

    7.Kumpulan chess video lesson 25.000

    untuk info lebih lanjut cek website
    http://livebeta.kaskus.us/post/000000000000000676168281#post000000000000000676168281

    Hubungi
    JULIO
    082124284125
    PIN BB : 32821C86

Tinggalkan Balasan

 
