Pecaturjogja’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan

Posted by pecaturjogja pada November 26, 2009

seri menerapkan strategi catur dalam dunia bisnis-bagian sepuluh

Kiat permainan catur: hampir setiap situasi mempunyai nilai tersembunyi bagi orang oportunis. 

Boris Spassky yang berusia dua puluh satu tahun ( lahir 1937 ) duduk persis di belakang dua baris Putih mengkilap. Mikhail Tal, yang lebih tua hanya satu tahun dari lawannya, memainkan Hitam. Waktu itu 1958, Kejuaraan Catur Uni Sovyet Rusia sedang berlangsung.

Kedua pecatur itu sangat sadar akan taruhannya. Pemenang akan mengambil langkah maju yang signifikan di dalam siklus kejuaraan dunia. Yang kalah akan disisihkan dari kompetisi itu.

Pada langkah kedua puluh empat, kedua pemain mencapai posisi yang hampir sama. Tal menawarkan remis kepada lawannya. Tetapi Spassky menolak, yakin bahwa dia akan memenangkan pertandingan itu, dan mencapai jenjang pada tangga yang menuju mahkota kejuaraan catur dunia. Tampaknya ia benar. Tiga langkah kemudian, Tal membuat kesalahan kecil. Spassky mencapai pinggir dan menekan dengan keras untuk memanfaatkannya. Ia memaksa raja-nya Tal untuk keluar ke tempat yang terbuka, di mana ia berencana menyerangnya secara berbarengan dengan menteri dan bentengnya.

Di bawah tekanan yang berat, Tal dipaksa menggerakkan rajanya yang tak terlindung ke depan. Tampaknya Hitam sedang berjuang pertempuran dalam yang akan membuatnya kalah. Raja yang dibiarkan tak terlindung dan mudah diserang di dalam tahap pembukaan dan pertengahan dari sebuah permainan rentan bagi serangan yang mengancam dari serombongan pasukan yang tidak bersahabat. Itulah sebabnya mengapa para pecatur biasanya berusaha memasukkan raja mereka secepat mungkin ke dalam kastil.

Jelaslah, raja-nya Tal yang tak terlindung tampak tidak aman. Tetapi Spassky sama sekali tidak dapat memanfaatkan kesempatan itu. Lebih buruk lagi, lawannya mulai memutar-mutar realitas catur di dalam kepalanya. Daripada menjaga rajanya, Tal melakukan yang sebaliknya. Dia menggunakan posisi raja yang terbuka itu untuk memelopori suatu penyerbuan! Hanya dalam beberapa langkah, raja-nya Tal beralih dari mangsa menjadi penyerang, dan Spassky dipaksa untuk menyerah.

Permainan catur bersifat paradoksikal. Kelemahan dapat menjadi aset di tangan dan pikiran seorang pemain yang ulet. Setiap ketidakberuntungan di atas papan catur dapat menyembunyikan suatu keuntungan potensial. Susunan bidak yang berantakan membuat raja terbuka untuk diserang? Bayangkan langkah raja itu ke pinggir, keluar dari barisan yang tak terlindung, sehingga benteng dapat menggantikannya. Lawan Anda mungkin telah berharap memanfaatkan baris itu untuk menyerang Anda. Sekarang benteng Anda dapat menggunakannya untuk menyerang lawan.

Misalnya, bidak yang lemah. Seringkali ia gagal menjalankan misi pertahanannya. Ditinggalkan sendirian dan tak berdaya, ia juga dapat menghabiskan sumber-sumber daya yang dibawa untuk menjaganya. Lalu gerak pasukan terbatas karena membelanya.

Tetapi mungkin ada suatu jalan yang lebih baik. Daripada menghabiskan waktu dan sumber daya untuk melindungi bidak, para pejuang dapat mengubah perspektif, dengan harapan membebaskan bidak dengan cara menguntungkan. Barangkali, lawan harus mengompromikan posisinya sendiri untuk dapat menangkap si bidak. Jika lawan berbuat demikian, bidak itu dan masalah-masalahnya lenyap bersama serangan balasan baru yang dilancarkan pihak yang bertahan.

Dalam permainan catur, kelemahan akan tetap menjadi kelemahan jika seorang pemain tidak dapat menemukan kekuatannya yang tersembunyi. Dengan membalikkan satu prinsip permainan catur untuk menyingkapkan prinsip lainnya, Tal memperlihatkan bahwa raja yang lemah dapat menjadi kuat, persis demikian itu.

Kembali ke masa-masa depresi besar, seorang pebisnis yang cerdas, bertindak berdasarkan ilham kreatif yang sama, dan karenanya berhasil gilang-gemilang. Pada 1938, William Benton membeli perusahaan Muzak. Ia melakukan ini karena mengetahui bahwa para musisi yang hebat memandang rendah perusahaan Muzak.

Muzak mempunyai keberanian yang besar. Karena itu, dia membuat kurangnya keunggulan artistik Muzak menjadi poin penjualan. Pemilik baru itu menemukan slogan baru yang tepat untuk perusahaan itu. “Slogan itu persis seperti yang dipesan seorang dokter- untuk kantornya. Tempat-tempat pangkas rambut, toko grosir, elevator, Anda majukan. Dua puluh tahun kemudian, Benton menjual perusahaan demi keuntungan raksasa.

Di atas enam puluh petak papan catur, perangkat yang lebih lemah atau kurang bagus sering dibuat lebih kuat, lebih baik, atau lebih cepat. Prinsip diagonal yang sama berlaku pada dunia bisnis. Mengubah kelemahan menjadi kekuatan merupakan sikap pikiran. Itu berarti menghargai apa yang Anda miliki, daripada berputus-asa karena apa yang tidak Anda miliki.

Kadang-kadang dibutuhkan persepsi istimewa agar mampu memahami kebalikan dari suatu misi. Tetapi kemenangan bukan soal berharap, tetapi juga soal bertindak. Dan bila Anda tahu bagaimana membuat hal ini menjadi hal itu, Anda dapat memenangkan tiap sisi permainan itu, dari salah satu sisi.

Beberapa langkah benar hanya karena sedikit keliru.

4 Tanggapan to “Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan”

  1. Avay said

    salam catur,dengan banyaknya berlatih kekalahan bukan suatu kemunduran,tetapi kemajuan yang di dapat semakin luas. maka bagi para pecatur jangan pernah minder dengan kekalahan . maju terus…catur indonesia

  2. julio said

    permisi,saya jual program2 catur buat komputer seperti FRITZ 10,FRITZ 12,REBEL,RYBKA AQUARIUM 3 dll
    dan juga ada bonus 1000 pertandingan catur pendek dll
    semuanya saya gabung dalam 1 CD,sehingga anda tidak perlu repot untuk beli softwarenya satu2.
    saya jual dengan harga yang sangat murah (50rb) dibandingkan anda beli CD biasa yang hanya berisikan 1 program saja.
    untuk lebih detailnya silakan liat lapak saya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8997250
    atau hubungi saya di 082124284125

    mari kita majukan percaturan Indonesia!!

  3. sangat brguna… semoga sya bsok juara di provinsi ..

    thank`s…

  4. julio said

    Selamat siang,saya mau menawarkan software catur..ada 7 jenis pilihan yang bisa anda beli..

    1.software RYBKA 4 yang terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    2.software DEEP FRITZ 13 terdiri dari database dan video tutorial chess harga 25.000

    3.8 in 1 software catur (Houdini 2,kasparov chessmate,Rybka 3,FRITZ 12 PORTABLE version,dll) seharga 50.000

    4.software CHESSBASE 11 harga 25.000 (database partai berjumlah 2 juta lebih yang telah diklasifikasi)

    5.software CHESSMASTER 10 harga 25.000 (punya metode training dan course paling bagus)

    6.kumpulan ebook catur sebanyak 500 ebook harga 25.000

    7.Kumpulan chess video lesson 25.000

    untuk info lebih lanjut cek website
    http://livebeta.kaskus.us/post/000000000000000676168281#post000000000000000676168281

    Hubungi
    JULIO
    082124284125
    PIN BB : 32821C86

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: